Selasa, 06 April 2010

Blokade Berkas Cabang (Bundle Branch Block)

DEFINISI
Blokade berkas cabang adalah suatu jenis blockade konduksi yang melibatkan interupsi sebagian atau seluruhnya aliran impuls elektrik melalui berkas cabang kanan atau kiri. Berkas Hip adalah sekelompok serat yang mengadakan impuls elektrik dari nodus atrioventricular. Berkas Hip terbagi dalam dua cabang berkas. Cabang berkas yang ditinggalkan menyalurkan impuls ke sebelah kiri bilik jantung, dan cabang berkas kanan menyalurkan impuls ke sebelah kanan bilik jantung. Konduksi mungkin terhalang pada berkas cabang kanan atau kiri.

Blokade berkas cabang biasanya tidak menyebabkan gejala. Blokade berkas cabang sebelah kanan tidak serius dan mungkin terjadi pada orang yang sehat. Tetapi, hal itu juga dapat mengindikasikan adanya kerusakan jantung yang berarti, misalnya; sebelum serangan jantung. Blokade berkas cabang sebelah kiri cenderung lebih serius. Pada orang usia lanjut, sering menunjukkan penyakit arteri koroner karena tekanan darah tinggi atau penyakit atherosclerosis.

Blokade berkas cabang bisa diketahui dengan electrocardiography (ECG). Tiap tipe blokademenghasilkan pola yang khas. Biasanya, tak ada pengobatan yang diperlukan untuk salah satu dari kedua tipe. Tetapi, alat pacu jantung buatan dapat ditanamkan pada orang dengan resiko tinggi terhadapa penghamabatan jantung secara menyeluruh (seperti orang dengan jenis blockade jantung tingkat dua) untuk menjaga detak jantung jika blokade jantung secara menyeluruh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar