Kamis, 25 Maret 2010

Bissinosis (Byssinosis)

DEFINISI
Bissinosis (Byssinosis)adalah suatu penyakit paru-paru akibat pekerjaan yang terjadi karena menghirup debu kapas atau debu dari serat tanaman lainnya, seperti rami.


PENYEBAB
Di Amerika Serikat dan Inggris, bissinosis terjadi hampir secara eksklusif pada orang-orang yang bekerja dengan kapas yang belum diolah. Mereka yang bekerja dengan rami mungkin juga dapat menderita penyakit ini. Yang paling sering terkena adalah orang-orang yang kerjanya membuka karung kapas mentah atau bekerja pada tahap awal pemrosesan kapas. Merokok menyebabkan meningkatnya resiko terkena penyakit ini.


GEJALA
Pada penderita ditemukan beberapa keadaan berikut:
- terdapat riwayat pemaparan debu dari pabrik tekstil
- gejala semakin memburuk pada hari-hari kerja
- gejala membaik jika penderita jauh dari tempatnya bekerja
- dada terasa sesak
- batuk
- bengek.


DIAGNOSA
Pemeriksaan yang biasa dilakukan:
  • Rontgen dada
  • Tes fungsi paru.

PENGOBATAN
Pengobatan yang terpenting adalah menghilangkan sumber pemaparan dari bahan penyebab. Untuk meringankan gejala, biasanya diberikan bronkodilator, baik dalam bentuk hirup (albuterol) maupun tablet (theophylline). Pada kasus yang lebih berat bisa diberikan corticosteroid.

Sangat penting bagi penderita untuk menghentikan kebiasaan merokok. Jika penyakitnya menjadi menahun, mungkin perlu diberikan terapi pernafasan berupa nebulizer dan drainase postural. Jika kadar oksigen dalam darah rendah, bisa juga diberikan terapi oksigen.


PENCEGAHAN
Bissinosis bisa dicegah dengan cara mengurangi kadar debu di dalam pabrik pengolahan tekstil melalui perbaikan mesin atau sirkulasi udara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar