Kamis, 17 November 2011

Hepatitis B

Penyakit Hepatitis B
Hepatitis B Merupakan bentuk penyakit yang lebih serius dan menular yang tergolong berbahaya didunia. Penyakit ini disebabkan oleh Virus Hepatitis B (VHB) yang dapat menyerang setiap orang dalam semua golongan usia, virus ini menyerang hati dan menyebabkan peradangan hati akut atau menahun yang dapat berlanjut menjadi sirosis hati atau kanker hati.

Penularan
Virus ini dapat ditularkan melalui cairan tubuh atau kontak dengan darah penderita.
Berikut ini cara penularannya :
  1. Secara Vertikal : Pada saat persalinan atau segera setelah persalinan, yaitu ibu yang terjangkit penyakit hepatitis B menularkan pada bayi yang dilahirkannya.
  2. Secara Horisontal : Penularanya melalui transfusi darah, penggunaan alat suntik bergantian, serta hubungan sexsual dengan penderita.
Tanda dan Gejala
Pada umumnya gejala pada penyakit hepatitis B terlihat ringan, berupa : Nafsu makan kurang, merasa tidak enak perut, mual sampai muntah, nyeri sendi dan disetrai bengkak pada abdomen kanan atas. setelah 7 hari air seni menjadi kuning seperti air teh, tampak kuning pada kulit dan sklera mata.

Pencegahan dan Pengobatan

Ada beberapa kemungkinan tanggapan dari kekebalan yang diberikan oleh tubuh kita terhadap penyakit hepatitis B yaitu jika tanggapan tubuh kita adekuat maka tubuh akan membersihkan virus sendiri (pasien bisa sembuh), sedangkan jika kekebalan tubuh lemah maka pasien tersebut akan menjadi carrier inaktif, dan jika kekebalan tubuh bersifat intermediate maka penyakit akan terus berkembang dan menjadi kronis. Untuk pengobatan sesuai dengan diagnosa yang ditegakkan.cara pemberian obat yaitu dengan cara Oral dan Injeksi.
  •  Secara Oral :
           1. Obat Lamivudine dikenal dengan nama 3TC
           2. Obat Adefovir dipivoxil (Hepsera)
           3. Obat Baraclude (Entecavir)
  •  Secara Injeksi :
           1. Injeksi Microsphere
           2. Injeksi Alfa Interferon

Langkah-langkah untuk pencegahan agar terhindar dari penyakit hepatitis B adalah dengan pemberian vaksin terutama pada mereka yang beresiko tinggi terkena virus ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar